Rencanakan Pendidikan Anak-anak Anda dengan menjadi nasabah Mitra Cerdas Bumiputera. Asuransi dengan perencanaan keuangan sekolah anak Anda, manfaat asuransi dan keuntungan berinvestasi untuk memenuhi biaya sekolah yang makin tinggi.

Jenis Plan Asuransi


Ada 3 Jenis Plan Asuransi yang beredar di pasaran, yang ada baiknya jika kita mengetahui perbedaan sebagai acuan dalam memilih produk asuransi yang ditawarkan kepada anda.
1. Plan asuransi dengan bunga tetap (Fixed Rate)
2. Bunga mengambang (Floating Rate)
3. Plan Asuransi dengan bunga garansi (Guarantee Rate)
Di poin selanjutnya Anda bisa melihat perbedaan antara ketiga jenis plan tersebut.


Fixed Rate

  1. Bunganya tetap sepanjang kontrak asuransi, tidak terpengaruh oleh hasil kinerja investasi yang didapat oleh perusahaan asuransi dari dana premi anda.
  2. Pemegang polis (Nasabah) tidak dapat memilih investasi yang diinginkan, sepenuhnya ditentukan oleh perusahaan asuransi dan nasabah tidak mendapat laporan tentang hasil investasi yang diperoleh perusahaan.
  3. Karena bunganya pasti, dalam presentasi plan tersebut tidak digunakan Asumsi hasil investasi.
  4. Bunganya relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan jasa keuangan yang lainnya (Plan Asuransi yang tidak berbunga tetap).
  5. Komponen : premi resiko, premi biaya, premi tabungan ditentukan dan dikelola oleh perusahaan asuransi.

Floating Rate

Plan asuransi Floating Rate sering disebut dengan Unit Link, plan investasi plus asuransi dengan bunga mengambang bisa naik bisa juga turun. Berikut ini karakteristik plan Asuransi dengan bunga mengambang (Floating Rate).
  1. Bunga tidak tetap, tergantung hasil kinerja dari management keuangan/ jenis investasi yang dipilih nasabah.
  2. Pemegang polis berhak menentukan/ memilih sendiri jenis investasi yang dikehendaki baik berupa saham, obligasi atau deposito yang ditawarkan perusahaan asuransi. Sehingga perusahaan asuransi tidak menjamin dari hasil investasi yang diperoleh dari management keuangan tersebut. Namun, perusahaan asuransi akan melaporkan hasil investasi yang diperoleh dari management keuangan (Saham, Obligasi, deposito) yang dipilih pemegang polis (Nasabah) tersebut.
  3. Dalam presentasinya Plan semacam ini menggunakan hasil investasi Asumsi/ bunga asumsi.
  4. Premi resiko, premi bunga, premi tabungan ditentukan perusahaan asuransi. Namun perusahaan asuransi hanya mengelola premi resiko dan premi biaya, sedangkan premi tabungan dikelola oleh management keuangan dari jenis investasi yang dipilih pemegang polis.
* Karena beberapa pertimbangan, Jenis Plan ini belum dipasarkan oleh Bumiputera.


Guarantee Rate

Plan Investasi plus asuransi ini disebut juga dengan istilah Semi Unit Link. Yang merupakan gabungan dari fixed rate insurance dan Floating Rate (Unit Link). Ada dua macam perolehan investasi yang anda dapatkan di sini.
  1. Memberikan garansi hasil investasi dari tabungan Anda, sehingga dalam keadaan ekonomi yang sedang turun Anda tidak perlu khawatir merugi seperti yang bisa saja terjadi pada Unit Link.
  2. Hasil selisih investasi Riil (Hasil investasi Riil – Bunga garansi), ini anda dapat ketika hasil investasi riil lebih tinggi dari bunga garansi ini juga akan masuk sebagai hasil investasi Anda. Menguntungkan bukan?
Karakteristiknya,
  1. Karena bunganya ada yang bersifat tidak tetap, maka ada asumsi hasil investasi atau perkiraan hasil investasi disamping Garansi yang diperoleh.
  2. Pemegang polis akan mendapatkan laporan perolehan hasil investasi yang didapat perusahaan setiap bulan. Namun, pemegang polis tidak dapat memilih jenis investasi yang diinginkan (Dipercayakan pada perusahaan asuransi).
  3. Komponen: premi resiko, premi biaya, premi tabungan sepenuhnya ditentukan dan dikelola oleh perusahaan.
Saya harap dengan memahami perbedaan plan asuransi Anda dapat dengan bijak menentukan jenis asuransi apa yang akan anda beli. Apakah sistem asuransi plus investasi dengan bunga tetap dengan jaminannya atau Floating Rate jika anda memahami betul keuntungan investasi suatu usaha atau Asuransi plus investasi dengan garansi hasil dan pembagian selisih hasil riil?..

Itu semua Anda yang menentukan..

Terima kasih.
====================================================================
Halaman Terkait


First